Cabang-Cabang dalam Ilmu Biologi

Cabang-Cabang Biologi


     Dalam mempelajari ilmu biologi kita pasti akan menemukan istilah-istilah dibawah ini karena ilmu biologi mencakup semua hal-hal mengenai mahluk hidup beserta lingkungannya. Di artikel ini kita akan mempelajari beberapa istilah dalam cabang biologi diantaranya adalah:

1. Genetika
          Genetika berasal dari kata serapan dari bahasa Belanda yaitu "Genetica" yang diadaptasi ke Bahasa Inggris yaitu Genetics yang berarti Melahirkan. Ilmu Genetika adalah cabang yang mempelajari pewarisan sifat pada organisme tertentu maupun suborganisme(seperti Virus & Prion). Secara singkat dapat juga dikatakan bahwa genetika adalah Ilmu tentang gen dan segala aspeknya. Istilah "Genetika" diperkenalkan oleh Wiliam Bateson pada surat pribadi kepada Adam.

2. Sitologi
          Sitologi bisa juga disebut biologi sel. Sitologi berasal dari Bahasa Yunani yaitu Kytos (wadah) adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang sel, yang merupakan salah satu dari cabang Biologi. Hal yang dipelajari dalam biologi sel mencakup fisiologi sel seperti struktur dan organel yang terdapat didalam sel, lingkungan dan antaraksi sel, daur hidup sel, pembelahan sel, dan fungsi sel(fisiologi), hingga kematian sel. Hal-hal tersebut dipelajari baik dalam skala mikroskopik maupun skala molekular, dan sel biologi meneliti baik organisme bersel tunggal seperti bakteri maupun sel-sel terspesialisasi didalam organisme multisel seperti manusia.

3. Histologi
          Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop pada sediaan jaringan yang dipotong tipis, salah satu dari cabang-cabang biologi. Histologi dapat juga disebut sebagai ilmu Anatomi Mikroskopis. Histologi amat berguna mempelajari fungsi fisiologi sel-sel dalam tubuh, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan.

4. Morfologi
          Morfologi berarti Pengetahuan tentang bentuk(morphos), morfologi adalah cabang biologi yang mempelajari bentuk dan struktur organisme dan fitur struktural spesifik mereka. Jadi Morfologi juga bisa dikaitkan dalam meneliti bentuk eksternal dan internal dari organisme.

5. Anatomi
          Anatomi berasal dari kata "Antomia" yang berarti memotong. Anatomi adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari mahluk hidup. Terdapat juga anatomi hewan atau zoofomi dan fifotomi atau antomi tumbuhan. Beberapa cabang ilmu anatomi adalah Anatomi Perbandingan, Histologi, dan Anatomi Manusia.

6. Fisiologi
          Fisiologi adalah salah satu cabang Biologi yang mempelajari tentang berlangsungnya sistem kehidupan, Fisiologi berasal dari bahasa Belanda yaitu "Physiologic yang dibentuk dari dua kata Yunani kuno yang berarti "asal usul" atau "hakikat". Fisiologi menggunakan berbagai metode untuk mempelajari Biomolekul, sel, jaringan, organ, dan organisme secara keseluruhan menjalankan fungsi fisik dan kimiawinya untuk mendukung kehidupan

7. Taksonomi
          Taksonomi berasal dari bahasa Yunani "Tersein" yang bearti mengelompokkan dan nomos yang berarti aturan. Dalam bidang biologi merupakan ilmu yang mempelajari penggolongan atau sistematika mahluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dua sebutan, yang dikenal sebagai kata nama binomial/binemial nomenclature, yang diusulkan Carl Von Linne seorang naturalis berkebangsaan Swedia.

8. Ekologi
          Ekologi merupakan Ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. Ekologi berasal dari kata Yunani Oikos (Habitat) dan Logos (Ilmu). Ekologi diartikan sebagai Ilmu yang mempelajari baik interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya. Dalam Ekologi, mahluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.

9. Evolusi
          Evolusi dalam kajian biologi berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan pada suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya, perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama, variasi, reproduksi, dan seleksi. Sifat-sifat yang menjadi dasar evolusi ini dibawa oleh gen yang diwariskan kepada keturunan suatu mahluk hidup dan bervariasi dalam suatu populasi ketika organsime bereproduksi, keturunannya akan mempunyai sifat-sifat yang baru.

10. Mikrobiologi
          Mikrobiologi adalah sebuah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme. Objek kajiannya biasanya adalah semua mahluk hidup yang perlu dilihat dengan mikroskop, khususnya bakteri, fungi, alga, mikroskopik, protozoa, dan archaea. Virus sering juga dimassukan walaupun sebenarnya tidak sepenuhnya dapat dianggap sebagai mahluk hidup. Mikrobiologi dimulai sejak ditemukannya mikroskop dan menjadi yang sangat penting dalam biologi.


Setelah membaca beberapa artikel diatas dapat diketahui kalo ilmu biologi memuat begitu banyak cabang didalamnya, diartikel ini hanya sebagian dari cabang tersebut yang disebutkan, jadi mungkin akan diupdate nanti, sekian dan terima kasih sudah mengunjungi blog ini. thankyou.
























Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
June 7, 2020 at 11:05 AM delete

KEMBARQQ88

SITUS PALING TERPERCAYA SE ASIA
Menghadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari KEMBARQQ88.NET 1 ID IN 9 Games :

- Domino99

- BandarQ

- Poker

- AduQ

- Capsa Susun

- Bandar Poker

- Sakong Online

- Bandar66

- Perang baccarat


Nikmati Bonus-Bonus Menarik dan tak terduganya Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami KEMBARQQ88.NET info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya
Keunggulan KEMBARQQ88.NET

- Tingkat Persentase winrate UP 99%

- Kartu Anda Akan Lebih Bagus dan mudah menang

- Bonus TurnOver Atau Cashback 0.3% Di Bagikan Setiap 4 Hari

- Bonus Referral Dan Extra Refferal terbesar dan Seumur Hidup

- Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-

- Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana

- Proses Deposit/stor dana dan Withdraw/Penarikan paling cepat

- Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan kepada semua member

- Dengan Server Poker-V Yang Besar dan Ter-Update Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia

- Semakin banyak Meja MEGA JACKPOT dan raihlah MEGA JACKPOT disetiap MEJA HOKI

- KEMBARQQ88 Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.

- Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

Fasilitas BANK yang di sediakan KEMBARQQ88 :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon

Fasilitas lain yang di sediakan KEMBARQQ88 :
- Deposit via pulsa TELKOMSEL & XL
- LINK
- OVO
- GOPAY
- DANA
- DOKUWALET

Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At KEMBARQQ88.NET
RASAKAN KEMENANGAN BESAR YANG TELAH MENANTI ANDA DIDEPAN..

Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- WHATSAPP :+85515658329

- LINE : kembarhoki


Link Alternatif :
- www.kembarQQ88.net

- www.kembarqq88.org

- www.QQkembar.com

Reply
avatar
July 13, 2020 at 11:57 AM delete

PinoQQ
PINOKIUKIU.NET | PINOKIUKIU.ORG | PINOQQ.ORG|
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 9 Permainan.
BandarQ
AduQ
Capsasusun
Domino99
Poker
BandarPoker
Sakong
Bandar66
PerangBaccarat


Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA : +855 96 9787541
• Telegram : +628 132 470 3796

Daftar PinoQQ
PinoQQ
PinoQQ
Agen BandarQ
Kartu Online
PainoQQ
Judi Online
AgenSakong
BandarQ

Reply
avatar